Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Suri Teladan Terbaik, Muhammad Rasulullah SAW

Rasulullah SAW
Manusia sangat membutuhkan seorang panutan untuk diikuti dalam menjalani kehidupan. Pada zaman dahulu, yang dijadikan panutan adalah tokoh-tokoh besar seperti raja, bangsawan, kiayi, dan tokoh besar lainnya.

Namun pada zaman sekarang, yang dijadikan panutan adalah dari kalangan yang terkenal seperti artis.

Tidak salah jika ada diantara kita memilih artis sebagai panutan. Tetapi belum tentu artis layak dijadikan panutan. Karena kita tidak tahu kehidupan pribadinya. Jangan hanya melihat tampilannya ditayangan TV, semuanya hanyalah akting.

Lalu siapa yang baik untuk kita jadikan sebagai panutan atau suri teladan dalam hidup yang penuh dengan resiko ini ? Sebelum menjawab pertanyaan ini ada baiknya kita tahu dulu apa yang dimaksud dengan suri teladan ?

Menurut wiktionary, suri teladan adalah orang yang dapat memberikan contoh yg baik, pantas untuk ditiru.

Adapun pengertian lainnya

Suri teladan (panutan) adalah orang yang diyakini dan diikuti baik dari segi prihidupnya maupun kepribadiannya.

Prihidup adalah keadaan dan cara seseorang bereaksi dan berinteraksi dengan sesama.

Sedangkan kepribadian merupakan keseluruhan cara seorang invidu bereaksi dan berinteraksi dgn individu lain ataupun dengan tuhannya.

Kembali ke pertanyaan,

Lalu siapa yang pantas kita jadikan teladan dalam hidup ini ?

"Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah." (QS. Al-Ahzab 33: Ayat 21)

Bagaimana Prihidup Nabi Muhammad Rasulullah SAW Yang Perlu Kita Ikuti ?

Ada 4 pridup Rasulullah yang perlu kita ikuti selaku umatnya yaitu ucapan, tingkah laku, sikap, dan sifat yang terpuji.

4 prihidup beliau inilah yang menjadi obat buat orang lain, mengundang sahabat dan masih banyak lagi qaromah lainnya.

Bagaimana Kepribadian Nabi Muhammad Rasulullah SAW ?

"Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam." (QS. Al-Anbiya 21: Ayat 107)

Orang bahagia belum tentu tenang. Tapi orang tenang sudah pasti bahagia.

Ada 7 macam kepribadian Rasulullah yang perlu kita tiru agar kita tenang dalam mengahadapi kehidupan ini dan juga selamat di dunia dan di akhirat.
  1. Hidup Zuhud
    Anti keduniaan yang berlebihan. Maksudnya : bukan larangan untuk memperoleh suatu keinginan yang baik, tetapi adalah Perintah Allah SWT Kepada Hamba-Nya agar selalu berusaha menurut kemampuan. (QS. Al Baqarah: 286)
  2. Hidup Qana'ah
    Senantiasa mensyukuri apa adanya
  3. Hidup Taat
    Senantiasa menjalankan dan melaksanakan perintah Allah SWT, menghindari apa yang dilarang Allah SWT.
  4. Hidup Istiqamah
    Senantiasa teguh pendirian. Kita sebagai hamba Allah SWT dan Ummat Muhammad SAW, hendaknya selalu mempertahankan hubungan baik dengan Allah SWT lewat ibadah Shalat wajib 5 kali seharian semalam, mempertahankan hubungan baik diri sendiri lewat pengendalian diri, serta mempertahankan hubungan baik dengan orang lain lewat silaturrahmi.
  5. Hidup Mahabbah
    Sesantiasa meningkatkan rasa cinta kepada Allah SWT dan Rasul-Nya, melebihi rasa cinta kepada diri sendiri dan orang lain Maksudnya : dengan rasa cinta kita yang tinggi dan mendalam kepada Allah SWT dan Rasul-Nya mudah-mudahan kita tidak terlepas dengan tipu daya kenikmatan dunia yang fana ini. Alam yang bisa saja menggoda manusia, lupa daratan (Lupa Diri Lupa Allah SWT), dan bisa saja menggoda manusia menghalalkan segala macam cara.
  6. Hidup Ikhlas
    Segala sesuatu yang baik dilakukan semata-mata hanya karena Allah SWT, bukan untuk selain Allah.
  7. Hidup Ubudiyah
    Senantiasa menghambakan diri atau menyerahkan diri kepada Allah SWT dengan jalan Tabah, Sabar, dan Tawakal.
"Katakanlah (Muhammad), Wahai manusia! Sesungguhnya aku ini utusan Allah bagi kamu semua, Yang memiliki kerajaan langit dan bumi; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, yang menghidupkan dan mematikan, maka berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya, (yaitu) Nabi yang ummi yang beriman kepada Allah dan kepada kalimat-kalimat-Nya (kitab-kitab-Nya). Ikutilah dia, agar kamu mendapat petunjuk." (QS. Al-A'raf 7: Ayat 158)

Itulah prihidup dan kepribadian nabi Muhammad Rasulullah SAW yang harus kita ikuti agar kita selalu mendapat petunjuk atau bimbingan dari Allah SWT.

Semoga coretan yang sangat sederhana ini bermanfaaat.
Ulfan R. Ake
Ulfan R. AkeFacebook : fb.com/ulfanblogger

Posting Komentar untuk "Suri Teladan Terbaik, Muhammad Rasulullah SAW"

Berlangganan via Email