Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tempat Wisata Populer dan Banyak Dikunjungi di Gorontalo

Wisata Gorontalo

Gorontalo adalah sebuah provinsi hasil pemekaran dari Provinsi Sulawesi Utara pada 22 Desember Tahun 2000, sehingga tergolong provinsi masih baru di Pulau Sulawesi.

Ada banyak obyek wisata yang tersebar di provinsi ini, mulai dari Kabupaten Bone Bolango, Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo Utara, Boalemo, dan Pohuwato.

Berikut 10 Tempat Wisata di Gorontalo yang Populer dan Banyak dikunjungi baik wisatawan lokal, wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pulau Cinta

Motivation
Sumber: pulocinta.com

Pulau Cinta tergolong wisata unik yang ada di Indonesia. Destinasi ini termasuk wisata bahari yang mana pulaunya berbentuk love, terdapat 15 cottagge yang dihubungkan dengan jembatan terbuat dari kayu berbentuk love pula sehingga menambah tempat wisata ini menjadi lebih memukau.

Pulau ini terletak di teluk Tomini, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo.

Pulau Saronde

Motivation
Sumber: pariwisata.gorontaloprov.go.id

Salah satu pulau di Gorontalo yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun luar negeri adalah Pulau Saronde. Alasannya karena destinasi ini memiliki linkungan alam yang bebas dari polusi, terdapat pasir putih yang bersih, dan adanya beberapa titik tempat snorkeling, selain itu wisatawan bisa memilih berkemah atau pilih cottage, dan masih banyak lagi keindahan lainnya.

Pulau yang indah ini terletak di Laut Sulawesi, secara administratif termasuk dalam wilayah Kecamatan Ponelo Kepulauan, Kabupaten Gorontalo Utara.

Taman Laut Olele

Motivation
Sumber: pariwisata.gorontaloprov.go.id

Bagi kamu yang suka snorkeling atau diving, Taman Laut Olele adalah tempat yang tepat. Wisata bahari ini terdapat beberapa spot yang dapat kamu nikmati diantaranya spot selam yang indah dan unik ada Jinn Cave, Traffic Jam, Muck Dive, dan Honeycomb.

Selain itu di taman laut ini terdapat banyak spesies ikan warna warni, terumbu karang endemik dan juga Spot Foto Underwater yang menjadi favorit para penyelam.

Taman Laut Olele, berlokasi di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango.

Wisata Bongo

Motivation
Sumber: wikipedia.org

Wisata Bongo adalah destinasi yang penuh dengan suasana religius. Wisata ini dikenal dengan tempat para santri yang mempelajari ilmu agama Islam, bagi wisatawan yang ingin mengetahui sejarah Gorontalo maupun adatnya disinilah tempatnya.

Di lingkungan santri ini terdapat beberapa bangunan kayu yang bentuknya mirip dengan Toyopo atau wadah yang biasa digunakan masyarakat Gorontalo menyimpan makanan berupa kue, walimah, nasi, telur dan lainnya kemudian dibawah ke masjid ketika peringatan Maulid Nabi.

Selain itu di halaman bangunan ini terdapat banyak jenis burung merpati dan dua kolam renang yang bentuknya unik, namanya kolam santri atau kolam asmaul husna.

Destinasi ini terletak di Desa Bongo, Kecamatan Batuda’a Pantai, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Pentadio Resort

Motivation
Sumber: kompas.com

Pentadio berasal dari bahasa Gorontalo yang berarti tepi, sedangkan resort tempat istrahat. Jadi dapat di artikan bahwa Pentadio Resort merupakan tempat istrahat/rekreasi/wisata yang berada di tepi Danau Limboto.

Selain berada di tepi danau tempat ini mempunyai banyak daya tarik seperti kolam renang khusus anak-anak dan desawa yang airnya ada yang dingin dan ada juga yang panas (hangat), tersedia juga sepeda air, cottage, dan banyak lagi hal menarik lainnya.

Pentadio Resort berada di Desa Pentadio, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo.

Benteng Otanaha

Motivation

Benteng Otanaha merupakan objek wisata yang terletak di atas sebuah bukit bersebelahan dengan Danau Limboto tepatnya di Kelurahan Dembe 1, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo.

Untuk mencapai benteng wisatawan harus melewati 348 buah anak tangga, jumlah anak tangga tidak sama untuk setiap persinggahan. 

Benteng Otanaha mempunyai tiga bangunan yang masing-masing diberi nama yaitu Otanaha sebagai benteng utama, Otahiya dan Ulupahu untuk benteng lainnya.

Pantai Botutonu'o

Motivation

Pantai Botutonu'o merupakan pantai unik berbatu yang menjadi salah satu pilihan wisatawan lokal untuk mengisi liburan mereka.

Di sepanjang tepi pantai tersedia pondok sebagai tempat duduk santai wisatawan yang bisa disewa. Selain itu terdia pula perahu yang dilengkapi dengan speaker musik yang disewakan untuk mengitari dan menikmati area pemandangan pantai dan sekitarnya.

Pantai ini terletak di Desa Botutonu'o, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

Pemandian Boliyohuto

Motivation

Pemandian Boliyohuto banyak dikunjungi karena sangat menarik untuk mengisi hari libur terutama menjalin hubungan harmonis dengan keluarga.

Fasilitas yang menarik di tempat ini tersedianya 2 kolam renang khusus anak-anak dan dewasa, yang dilengkapi dengan wahana bermain. Selain itu tersedia juga gajebo berpayung, tempat jual makan, dan fasilitas menarik lainnya.

Wisata ini berada di Desa Bongo Ayu, Kecamatan Boliyohuto, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo.

Pemandian Lombongo

Motivation

Sumber air panas adalah mata air yang dihasilkan akibat keluarnya air tanah dari kerak bumi setelah dipanaskan secara geotermal. 

Gorontalo merupakan salah satu daerah vulkanis yang ada di Sulawesi, hal ini dibuktikan adanya beberapa titik munculnya mata air panas yang tersebar di beberapa daerah di Provinsi Gorontalo.

Salah satu sumber air panas yang cukup terkenal yaitu Pemandian Air Panas Lombongo, aset wisata alam yang dibanggakan Gorontalo.

Pemandian ini terdapat 1 kolam air dingin dan 1 kolam air panas. Selain itu tersedia juga beberapa fasilitas seperti kantor informasi, toilet, kamar ganti, dan beberapa kios yang menyediakan berbagai makanan ringan.

Wisata Lombongo terletak di Desa Duwono, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango.

Pantai Bolihutu'o

Motivation

Pantai Bolihutu'o adalah pantai yang banyak dipilih untuk liburan akhir pekan bersama keluarga.

Pasir putih yang halus, air biru yang dangkal, dan memiliki ombak yang rendah menjadikan tempat ini lebih menarik dari yang lainnya. Selain itu di pantai ini terdapat beberap pohon pinus, cottage, kapal motor, alat-alat renang dan masih banyak lagi fasilitas lainnya.

Pantai Bolihutu'o terletak di Desa Bolihutu'o, Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo, Gorontalo.

Demikian informasi 10 tempat wisata di Gorontalo yang Banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Jika kamu tertarik ingin mengunjungi tempat-tempat tersebut di atas jangan lupa untuk mengabadikan setiap suasana dengan berfoto bersama kawan favoritmu.

Ulfan R. Ake
Ulfan R. AkeFacebook : fb.com/ulfanblogger

Posting Komentar untuk "10 Tempat Wisata Populer dan Banyak Dikunjungi di Gorontalo"

Berlangganan via Email