Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Salah, Mentimun Juga Membuat Tubuh Sehat

Jangan Salah, Mentimun Juga Membuat Tubuh Sehat

Mentimun bisa dibilang sebagai pelengkap makanan karena ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan dan juga menyehatkan.

Mentimun memiliki nama ilmiah, cucumis, sativus. Mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, B1, B2, dan vitamin C.

Biji mentimun mengandung racun alkoloid jenis hipoxanti, yang berfungsi untuk mengobati anak-anak yang menderita cacingan.

Apabila anda menderita sakit pada tenggorokan yang menyebabkan sulit berbicara, dapat dirawat dengan menggunakan biji mentimun. Caranya, sedikit biji mentimun dicampur dengan sedikit garam dan dikumur minimal 3x sehari. Pengobatan ini dipercaya dapat mengembalikan suara yang hilang akibat sakit tersebut.

Penyakit pening-pening yang berkesinambungan sehingga dapat menurunkan berat badan, dapat diatasi dengan mengonsumsi mentimun mentah atau yang telah dimasak. Selain itu, mentimun juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit disentri.

Bersihkan ginjal dengan mentimun

Mentimun memang akrap dengan kita. Sebagai lalapan, campuran pecel, atau dijadikan minuman segar. Namun, khasiat mentimun ternyata juga banyak. Selain mampu menurunkan demam dalam waktu singkat dan meluruhkan dara tinggi, tumbuhan yang hidupnya merambat ini juga dapat membersihakan ginjal.

Referensi :
Diny. 2008. Aneka Jus untuk Kesehatan. Nobel Edumedia. Jakarta. ISBN : 978-602-8219-36-5
Wikipedia. 2019. Mentimun, (https://id.m.wikipedia.org/wiki/mentimun)

Ulfan R. Ake
Ulfan R. AkeFacebook : fb.com/ulfanblogger

Posting Komentar untuk "Jangan Salah, Mentimun Juga Membuat Tubuh Sehat"

Berlangganan via Email