Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan Tubuh

Motivation

Nanas adalah salah satu jenis tumbuhan yang berasal dari daerah tropis. Tumbuhan ini tergolong dalam familia nanas-nanasan. Selain memiliki rasa yang enak buah ini ternyata memiliki kandungan obat yang yang banyak.

Khasiat dan Manfaat Buah Nanas

Nanas berpotensi menjadi tanaman obat karena kandungan vitamin A, vitamin C, Kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, serta enzim bromelain yang tersimpan menjadikan buah ini sebagai penolak penyakit-penyakit serius seperti tumor, aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah), beri-beri, dan lain-lain.

Selain itu, nanas juga dapat meluruhkan timbunan lemak di dalam tubuh dan bisa memperkuat sistem pertahanan tubuh.

Menurut Dr. Setiawan Dalimartha, enzim bromelain dalam buah nanas berkhasiat sebagai antiradang, membantu melunakkan makanan dalam lambung, mengganggu pertumbuhan sel kanker, dan mencegah terjadinya penggumpalan darah (blood coagulation).

Enzim bromelain dalam nanas melarutkan lendir yang sangat kental dalam sistem pencernaan sehingga juga dapat menghancurkan bisul bila ada.

Kandungan serat nanas yang cukup tinggi, mampu mengatasi sembelit. Buang air besar yang tadinya tersendat, menjadi lancar kembali ketika kita telah mengonsumsi nanas.

Nanas sangat baik dikomsumsi oleh orang yang sedang sakit. Makan buah nanas sama seperti mengonsumsi obat. Dalam nanas terkandung zat-zat yang mampu meningkatkan penyerapan obat ke dalam tubuh.

Tidak hanya itu, buah dan daun nanas juga bermanfaat pula membersihkan jaringan kulit yang mati (skin debridement). Enzim yang terkandung di dalamnya akan terus bekerja sampai jaringan kulit yang sehat menampakkan diri.

Sebuah percobaan yang dilakukan terhadap beberapa ekor tikus yang mengalami luka bakar memperlihatkan bahwa enzim dalam daun dan buah nanas dapat mengangkat jaringan kulit yang mati akibat luka bakar.

Efek Samping Buah Nanas

Buah yang kulitnya penuh sisik emas ini ternyata memiliki efek samping dan tidak semua orang bebas mengonsumsinya.

  1. Menggurkan Kandungan

    Nanas mudah berpotensi sebagai abortivum atau sejenis obat yang dapat menggurkan kandungan. Makanya, nanas sering digunakan untuk mengatasi haid yang terlambat. Wanita hamil disarankan untuk tidak mengonsumsi nanas mudah.

  2. Memicu Rematik di Dalam Saluran Cerna

    Buah nanas terfermentasi menjadi alkohol. Ini dapat memicu kambuhnya rematik. Penderita rematik dan radang sendi dianjurkan untuk membatasi konsumsi nanas.

  3. Meningkatkan Gula Darah

    Buah nanas masak mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi nanas secara berlebihan.

  4. Menimbulkan Rasa Gatal

    Terkadang sehabis makan nanas segar, mulut dan lidah terasa gatal. Untuk menghindarinya sebelum dimakan, rendamlah potongan buah nanas dengan air garam dan bersihkan bintik-bintik hitam pada daging.

Referensi :
Diny. 2008. Aneka Jus untuk Kesehatan. Nobel Edumedia. Jakarta. ISBN : 978-602-8219-36-5
Wikipedia. 2020. Nanas,(https://id.m.wikipedia.org/wiki/nanas)

Ulfan R. Ake
Ulfan R. AkeFacebook : fb.com/ulfanblogger

Posting Komentar untuk "Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan Tubuh"

Berlangganan via Email