Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Cryptocurrency, Aset Digital Populer Saat Ini

Cryptocurrency

Transaksi Crypto di Indonesia bikin kaget. Berdasarkan data Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) volume transaksi crypto pada bulan mei 2021 mencapai Rp 370 triliun, sebelummya pada tahun 2020 hanya Rp 60 triliun.

Mengapa transaksi crypto di Indonesia sangat tinggi ? Apa sih cryptocurrency ? Apa manfaatnya bagi ekonomi masyarakat ? Bagaimana pandangan Islam tentang crypto ? Bagaimana saya harus memulai ?

Teruskan membaca artikel ini untuk mengetahui pertanyaan di atas.

Apa Itu Cryptocurrency ?

Cryptocurrency (Mata uang digital) terdiri dari dua kata, yaitu cryptography yang mempunyai arti kode rahasia, dan “currency” yang berarti mata uang.

Mata uang digital sifatnya terdesentralisasi artinya tidak ada pihak yang hadir dan berperan sebagai perantara dalam suatu transaksi. Berbeda dengan mata uang konvensional yang bersifat terpusat.

Cryptocurrency digunakan terutama di luar perbankan dan dipertukarkan melalui Internet.

Pembayaran menggunakan mata uang digital berlangsung dari pengirim ke penerima (peer-to-peer). Namun, seluruh transaksi yang dilakukan tersebut tetap dicatat dan dipantau dalam sistem jaringan Cryptocurrency.

Crpytocurrency telah dikembangkan sejak tahun 1990-an, namun baru sekitar 11 tahun terakhir ini dikenal masyarakat global.

Beberapa jenis Cryptocurrency yang diperdagangkan di Indonesia antara lain Bitcoin, Ethereum, Cardano, Polcadot, Ripple, Litecoin, Tron dan masih banyak lagi lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Cryptocurrency

Banyak investor dan trader yang meraih profit dan kerugian dari cryptocurrency akhir-akhir ini. Berikut kelebihan dan kekurangan aset crypto :

Kelebihan Crypto

  1. Teknologi Blockchain dan Desentralisasi)
  2. Alat Penyimpan Nilai Alternatif
  3. Cara Baik Untuk Melatih Mental Pebisnis

Kekurangan Crypto

  1. Harga Sangat Fluktuatif
  2. Kejahatan Siber
  3. Waspada Bursa Tipu-tipu
  4. Hambatan Regulasi di Beberapa Negara

Hukum Cryptocurrency di Indonesia

Berdasarkan Bahtsul Masail Halal Haram Transaksi Kripto di Hotel Borobudur Jakarta pada Sabtu 19 Juni 2021, merumuskan bahwa :

Crypto adalah persoalan yang sangat baru yang tidak dikenal dalam dunia keuangan dan ekonomi pada masa peradaban islam klasik, sehingga belum dibahas dalam kitab-kitab fiqih klasik islam.

Para kiayi merekomendasikan bahwa dalam konteks Indonesia Cryptocurrency masuk dalam kategori komoditas (sil'ah).

Komoditas adalah produk atau barang yang bisa diperdagangkan untuk mendapatkan keuntungan, atau ditukarkan dengan barang lainnya yang memiliki nilai yang sama.

Para Kiayi menghimbau masyarakat yang tidak memahami Crypto untuk tidak melakukan transaksi, karena Crypto sifatnya fluktuatif dan dinamis.

Para Kiayi menghimbau kepada pemerintah agar membuat regulasi yang jelas untuk menghindari penyalahgunaan dan penyimpangan transaksi Crypto terjadi di masyarakat.

Marketplace Cryptocurrency Terpercaya di Indonesia

Cryptocurrency memang sedang populer saat ini. Namun perlu diperhatikan, pasti akan ada saja oknum-oknum tak bertanggung jawab yang muncul untuk memanfaatkannya. Caranya adalah dengan merayu investor menaruh uang di platform-platform cryptocurrency bodong.

Oleh karena itu berikut rekomendasi platform investasi aset digital tepercaya dan teregulasi Bappepti, KOMINFO, dan OJK di Indonesia.

  1. Indodax, platform jual beli aset kripto terbesar di Indonesia. Dengan 4.231.135 member terverifikasi, kamu bisa melakukan jual beli aset kripto seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple, serta ratusan aset lainnya dengan mudah dan aman.
  2. Zipmex, Platform investasi aset digital tepercaya dan teregulasi di Indonesia. Anda bisa jual beli aset kripto Bitcoin, Ethereum, Ripple, Dogecoin, dan lainnya melalui website dan aplikasi Zipmex. Anda juga bisa mendapatkan bunga dari aset digital yang Anda simpan 24/7.
  3. Tokocrypto, perusahaan berbasis digital Indonesia teregulasi yang bergerak dalam bidang perdagangan aset kripto yang dipersembahkan oleh Binance (bursa terbesar di dunia).
  4. Pluang, aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Bumi Santosa Cemerlang, dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat pada produk-produk keuangan dengan mudah, aman dan terjangkau. 1 aplikasi untuk semua investasi, mulai dari emas, reksa dana indeks saham Amerika, dan Aset Crypto.

    Jika Sobat ingin memanfaatkan aplikasi pluang ini, gunakan kode refferal: ULFA460237 agar berpotensi mendapatkan hadiah dari pluang.

Demikian postingan yang sangat singkat dan sederhana ini semoga menambah wawasan Sobat tentang Cryptocurrency, Coin, Exchange, Aset Digital, Bitcoin. Jika bermanfaat jangan lupa like dan share ke teman-teman yaa.

Mohon maaf atas segala kekurangan, and see you next article.