Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dzikir & Doa Setelah Sholat Fardhu

Dzikir Setelah Sholat Fardhu

Berdzikir dan berdoa merupakan sebuah aktivitas ibadah dalam Islam, dengan cara mengingat, memuji, dan bermohon kepada Allah SWT. Aktifitas ini dapat dilakukan dimanapun kita berada, terutama setelah sholat fardhu.

Berikut bacaan dzikir dan doa yang biasa dilafazkan setelah sholat fardhu (wajib) :

Dzikir Setelah Sholat Fardhu:

  1. Membaca Istighfar

    أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْم ×٣ِ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

    Artinya : Aku memohon ampun kepada Allah yang maha agung , tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah , dzat yang maha hidup kekal abadi dan terus menerus mengurus makhluknya tiada henti. Dan aku bertaubat kepada-Nya.

  2. Membaca Dzikir Kalimat Tauhid

    لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

    Artinya : Tiada Tuhan yang haq disembah kecuali Allah semata, tiada sekutu baginya. Hanya milikinya segala kerajaan dan hanya milikinya segala puji, baik yang hidup atau mati, Dialah Dzat yang kuasa atas segala sesuatu.

  3. Membaca Doa Selamat

    اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلَامُ فَحَيِّنَارَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَاَدْخِلْنَا الْـجَنَّةَ دَارَ السَّلَامِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام.

    Artinya : Ya Allah, engkaulah Dzat yang memberi keselamatan (kesejahteraan), hanya darimu lah keselamatan (kesejahteraan) dan kepadamua lah segala keselamatan (kesejahteraan) itu kembali. Maka hidupkanlah kami Ya Allah dengan selamat (sejahtera), masukkan kami ke dalam surga rumah keselamatan (kesejahteraan), Engkaulah Dzat yang berkah wahai Tuhan kami dan maha luhur Engkau, Ya Tuhan kami yang Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.

    اللَّهُمَّ أَعِنِّيْ عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

    Atinya : Ya Allah, tolonglah aku untuk selalu berdzikir kepada-Mu, bersyukur kepada-Mu, dan juga beribadah dengan baik kepada-Mu.

  4. Lalu baca Surat Al-Fatihah

    بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ ,اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ,الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ, مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ, اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ, اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ ۙ, صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ,

    Artinya: Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Pemilik hari pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus. (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

  5. Membaca Tasbih, Tahmid dan Takbir

    سُبْحَانَ اللهِ وَاَلْحَمْدُ ِللهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ اللهُ أَكْبَرُ

    Artinya : Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah, Allah maha besar.

    اللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَاْلحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ اْلمُلْكُ وَلَهُ اْلحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ اْلعَلِيِّ اْلعَظِيْمِ

Doa (Permohonan) Setelah Sholat Fardhu

  1. Pembuka Doa

    بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُلِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًايُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِىءُمَزِيْدَهُ. يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ ُكَمَايَنْبَغِى لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى مُحَمَّدٍوَعَلٰى آلِ مُحَمَّدٍ

    Artinya : Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmat-Nya dan menjamin tambahannya. wahai Tuhan kami! bagi-Mu lah segala puji, dan bagi-Mu lah segala syukur, sebagaimana layak bagi keluhuran Dzat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu. Wahai Allah! limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, nabi Muhammad dan keluarganya.

  2. Doa Mohon Diterimah Ibadah

    Artinya : Ya allah ya tuhan kami, terimalah sholat kami, puasa kami, rukun kami, sujud kami, duduk rebah kami, khusuk kami, pengabdian kami, dan sempurnakanlah kealapan kami dalam menunaikan kewajiban ya Allah, tuhan seluruh alam.

    Artinya : Ya allah, tolonglah kami untuk selalu mengingatmu dan mensyukuri rahmat dan nikmatmu, dan perbaikilah amal ibadah kami kepadamu.

  3. Doa Nabi Adam

    Artinya : Ya tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri, jika engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscahya kami termasuk orang-orang yang rugi

    Artinya : Ya tuhan kami, janganlah engkau hukum kami jika kami lupa atau melakukan kesalahan. Ya tuhan kami, janganlah engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya tuhan kami, janganlah engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya, maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami, engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.

  4. Doa Mohon Keselamatan

    اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ.

    Artinya : Ya allah, permohonan kami kepadamu semoga kami mendapat keselamatan agama, kesehatan jasmani, bertambahnya ilmu, keberkahan dalam razeki, tobat sebelum mati, mendapatkan rahmat ketika mati, dan memperoleh ampun setelah mati, ya allah, mudahkanlah (ringankanlah) sakaratul maut kami, bebaskanlah kami dari azab neraka, dan memperoleh ampunan ketika dihisab.

    Artinya : Ya tuhan kami, janganlah engkau condongkan hati kami kepada kesesatan setelah engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniailah kami rahmat dari sisimu, sesungguhnya engkau maha pemberian.

  5. Doa Mohon Cahaya Petunjuk

    اللهم نور قلبي بنور هديتك كما نورت الارض بنور شمسكابدا ابدا ابدا برحمتك ياارحم الراحمين

    Artinya : Ya Allah, Terangilah hati kami dengan cahaya petunjukMu sebagaimana telah Kau terangi bumi ini dengan cahaya matahariMu selamanya dengan rahmat-Mu  wahai Zat yang Maha Pengasih.

  6. Doa Untuk Kedua Orang Tua

    اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

    Artinya : Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil

    Artinya : Ya tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami, dan keturunan kami sebagai menyenang hati kami, dan jadikan kami, pemimpin, bagi orang-orang yang bertakwa.

  7. Doa Mohon Keselamatan Dunia Akhirat

    Artinya : Ya tuhan kami, berilah kami kebahagiaan didunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka. Ya allah, ampunilah dosa kami dan tutupilah segala kesalahan kami, dan semoga jika kami mati nanti bersama-sama dengan orang-orang yang baik-baik.

  8. Penutup Doa

    Artinya : Maha suci tuhanmu, tuhan yang maha perkasa dari sifat yang mereka dikatakan. Dan selamat sejahtera bagi para rosul dan segala puji bagi Allah tuhan seluruh alam