Pluang, Satu Aplikasi Beragam Investasi

Pluang

Mengelola keuangan dengan baik berarti Sobat menciptakan fondasi yang kuat untuk kehidupan finansial yang sehat dan berkelanjutan dimasa yang akan datang.

Sala satu cara yang efektif untuk memanajemen keuangan adalah dengan investasi yaitu memanfaatkan dana secara cerdas untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang.

Tentang Pluang

Claudia Kolonas dan Richard Chua melihat akses investasi di Indonesia sangat sulit dan terbatas. Sehingga mereka berdedikasi mendirikan aplikasi financial technologi yang diberi nama Pluang yang dirilis pada 21 Januari 2018.

Pluang adalah aplikasi Fintech (Financial technologi) yang mengakomodasi berbagai macam produk investasi seperti Saham Amerika, Kripto, Reksa Dana, dan Emas Digital.

Pluang memiliki tujuan membuat akses investasi yang mudah digunakan untuk seluruh masyarakat Indonesia, baik untuk investor pemula maupun yang sudah mahir dalam berinvestasi.

Legalitas

Sebelum melakukan investasi hal pertama yang perlu dipertimbangkan oleh para investor adalah keamanan dalam melakukan investasi.

Semua aktifitas investasi di Pluang telah terjamin keamanannya karena beberapa alasan berikut.

  1. Pluang dinaungi oleh PT Bumi Santosa Cemerlang dan telah terdaftar di KOMINFO dengan nomor: 02245/DJAI.PSE/02/2020.
  2. Pluang juga telah terdaftar sebagai member Fintech Indonesia yang ditunjuk oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai Asosiasi Penyelenggara Inovasi Keuangan Digital.
  3. Semua partner yang bekerja sama dengan Pluang memiliki ijin dan legalitas yang jelas baik dari OJK dan atau BAPPEBTI.

Produk Investasi

Semua produk yang ditawarkan oleh Pluang telah memenuhi regulasi yang berlaku di Indonesia. Saat ini Pluang memiliki 4 macam produk investasi.

Emas Digital

Emas adalah salah satu logam mulia yang manfaatnya bukan sekedar untuk perhiasan saja tetapi emas dipercaya sebagai instrumen investasi yang paling stabil dibanding produk investasi lainnya.

Emas

Semua transaksi emas di Pluang dikelola resikonya oleh Pluang (Emas) yang berlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI dan disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN).

Selain memiliki selisih harga jual beli yang rendah, di Pluang juga Sobat bisa menyicil dan manarik Emas Antam dalam bentuk fisik.

Saham Amerika

Salah satu aplikasi investasi pertama di Indonesia yang menjual Indeks Saham Amerika adalah Pluang.

Di Pluang Sobat bisa memilih produk investasi di +500 Saham Amerika terpopuler, index futures seperti micro e-mini S&P500 dan Nasdaq100.

Saham Amerika

Indeks saham di Pluang dijamin keamanannya oleh PG Berjangka yang memiliki ijin Penyaluran Amanat Nasabah ke Bursa Luar Negeri (PALN) oleh BAPPEBTI.

Kripto

Aset kripto adalah mata uang digital (Cryptocurrency) yang digunakan untuk bertransaksi di internet.

Aset kripto di Pluang difasilitasi oleh PT Bumi Santosa Cemerlang (BSC) yang telah terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI selaku sebagai pedagang aset kripto.

Kripto

Saat ini tersedia +195 aset kripto di Pluang terdiri dari koin dan token seperti BTC, ETH, USDT, ADA, dan DOGE yang bisa Sobat tradingkan mulai dari Rp5.000,- saja.

Reksa Dana

Reksa Dana adalah himpunan dana dari para investor yang dipercayakan kepada manager investasi untuk diinvestasikan di sekuritas seperti saham, pasar uang, obligasi, dan roduk reksa dana lainya.

Reksa Dana

Produk Reksa Dana di Pluang difasilitasi oleh PT. Sarana Santosa Sejati "Pluang Grow" yang memiliki ijin dan diawasi oleh OJK.

UOB-AM, Batavia, Pinnacle, Bahana, BNI-AM, dan Syailendra adalah manager investasi yang bekerja sama dengan Pluang. Sehingga tersedia Reksa Dana pasar uang, pendapatan tetap, dan reksa dana campuran.

Fitur Aplikasi Pluang

Ada beberapa fitur unik dari aplikasi pluang yang mungkin tidak dimiliki aplikasi fintech lain diantaranya.

Edukasi

Fitur ini sangat penting bagi investor khususnya bagi mereka yang baru belajar memulai investasi. Karena fitur berisi pendidikan tentang keuangan untuk membantu pemula memahami lebih baik tentang investasi.

Pluang Cuan

Sobat tidak perlu mengunci aset kripto tetapi akan mendapatkan keuntungan dari suku bunga yang diberikan ketika Sobat berinvestasi pada bitcoin dan ethereum dan akan dicairkan setiap hari dan Sobat bebas melakukan penjualan aset kripto tersebut kapanpun.

USD Yield

USD Yield adalah suatu layanan yang bertujuan untuk memberikan manfaat lebih kepada pelanggan Pluang dari PT PG Berjangka, program ini bukan merupakan suatu bunga dari hasil suatu kegiatan perbankan melainkan suatu manfaat yang diberikan kepada nasabah PT PG Berjangka berdasarkan kerjasama dengan pialang luar negeri.

Pocket

Fitur yang lebih menarik dari Pluang adalah hadirnya fitur pocket. Pocket sendiri merupakan kumpulan saham Us pilihan tim Pluang yang disediakan untuk para investor, tetapi kamu juga bisa membuat pocket versimu sendiri.

Pluang+

Pluang plus adalah pengguna Pluang yang memiliki aset minimal investasi Rp 100.000.000,-. Mereka akan mendapatkan fitur khusus dari Pluang.

Penutup

Harapan saya agar Sobat selalu membaca syarat dan ketentuan serta memahami resiko sebelum menggunakan aplikasi investasi seperti Pluang ini.

Selain itu, penting untuk memperhatikan bahwa informasi ini mungkin sudah tidak akurat atau telah berubah setelah menulis artikel ini. Jadi pastikan untuk memeriksa website resmi Pluang untuk informasi terbaru.

Ulfan R. Ake
Ulfan R. Ake Facebook : fb.com/ulfanake

Posting Komentar untuk "Pluang, Satu Aplikasi Beragam Investasi "