Nanovest, Revolusi Investasi di Indonesia

Nanovest

Nanovest adalah aplikasi penghubung antara investor dan broker investasi yang menawarkan investasi jual beli Emas Digital, Saham Amerika, dan Aset Kripto.

Bagi kamu yang ingin mempelajari dasar-dasar investasi, silakan baca postingan sebelumnya yang membahas Dasar-Dasar Penting untuk Investor Pemula.

Pemilik

Aplikasi investasi hasil karya anak bangsa ini dinaungi oleh PT Tumbuh Bersama Nano dan dipimpin oleh Hutama Pastika, Chief Executive Officer (CEO).

Billy Suryajaya berasumsi berdasarkan data dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) bahwa pengguna aset kripto di Indonesia ± 6% dari total jumlah populasi Indonesia.

Melihat potensi ini Chief Operating Officer (CEOO) Nanovest bersama tim membuat platform investasi dengan tujuan agar investasi di Indonesia dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.

Bukan hanya untuk orang-orang yang sudah memiliki modal besar tetapi juga untuk investor pemula yang baru memiliki modal terbatas, terutama para milenial.

Nanovest dirilis pada tanggal 9 mei 2022 dan launching memperkenalkan produk dan layanannya 22 Agustus 2022 di Uluwatu, Bali.

Legalitas

Nanovest telah terdaftar di KOMINFO (Nomor Tanda Daftar: 001108.01/DJAI.PSE/07/2021) dan merupakan member dari Asosiasi Fintech Indonesia (Nomor dan tanggal surat penetapan ijin: NIB: 1271000700454 // 7 Desember 2021).

Sebagai tambahan informasi bahwa Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) ditunjuk resmi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai Asosiasi Penyelenggara Inovasi Keuangan Digital (IKD) pada tanggal 9 Agustus 2019, berdasarkan POJK Nomor 13/2018.

Selain itu Nanovest juga telah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) Sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto dengan nomor 007/BAPPEBTI/CP-AK/3/2022 pada 22 Maret 2022.

Selain partner atau rekanan bisnis dari Sinarmas Group Nanovest juga telah bekerja sama dengan Tokocrypto yang dikenal memiliki ijin dari BAPPEPTI sebagai sala satu platform perdagangan aset kripto di Indonesia.

Instrumen Investasi

Adapun instrumen atau produk investasi yang ditawarkan Nanovest kepada Investor Indonesia, diantaranya sebagai berikut.

  1. Saham Amerika
  2. Di Nanovest investor bisa melakukan jual beli saham Amerika. Ada tersedia lebih dari 2.000 saham Amerika dan ETFs seperti Nasdaq, Apple, Tesla, Microsoft, Meta Facebook, dan lain-lain.

    Semua transaksi saham USA ini dilakukan melalui broker di Amerika Serikat yaitu Alpaca, anggota dari FINRA/SIPC. Securities Investor Protection Corporation (SIPC) melindungi, bertanggung jawab, dan memberimu asuransi hingga $500.000 apabila perusahaan broker mengalami kebangkrutan.

    Financial Industry Regulatory Authority (FINRA) adalah organisasi nirlaba yang berfungsi sebagai badan pengawas industri keuangan di Amerika Serikat.

    Adapun fungsi utama dari FINRA sebagai berikut:

    • Membuat dan menetapkan aturan terutama yang berkaitan dengan perdagangan saham dan atau instrumen keuangan lain.
    • Memeriksa dan mengeluarkan lisensi dan sertifikasi kepada broker-dealer dan perwakilan broker.
    • Memantau dan memberi sanksi terhadap tindakan penipuan yang dapat merugikan investor.
    • Memberi edukasi atau memperkaya pengetahuan investor untuk membantu mereka dalam membuat keputusan investasi yang bijak.

    Jadi FINRA sangat berperan untuk mengatur dan mengawasi perusahaan-perusahaan sekuritas, broker-dealer, dan industri keuangan lainnya yang beroperasi di Amerika Serikat.

  3. Aset Kripto
  4. Selain saham Amerika, di Nanovest juga Sobat bisa trading Bitcoin, Etherium, dan aset digital lainnya. Saat ini tersedia lebih dari 120 aset kripto yang sudah siap ditradingkan 7 hari 24 jam tanpa biaya transaksi.

    Nanovest bekerja sama dengan Tokocrypto (PT Aset Digital Berkat), ketika Sobat bertransaksi di Nanovest berarti Sobat bertransaksi dengan Tokocrypto, karena Nanovest berperan sebagai perantara / penghubung.

  5. Emas Digital
  6. Awal peluncurannya, nanovest hanya menawarkan produk investasi kripto dan saham Amerika, namun seiring berjalannya waktu pada tanggal 11 Oktober 2023 di aplikasi sudah tersedia fitur trading emas.

    Nanovest Gold bekerja sama dengan treasury.id, platform penyimpan aset komoditas, seperti emas fisik dan emas digital yang dikenal aman dan legal di Indonesia.

Fitur Aplikasi

Berikut fitur-fitur aplikasi yang tersedia yang mungkin tidak dimiliki oleh aplikasi Investasi lainnya.

  1. Transfer antar Pengguna
  2. Fitur ini dapat digunakan untuk transfer uang dan aset digital ke sesama pengguna aplikasi Nanovest tanpa biaya admin sepersenpun.

  3. Stake Token NBT
  4. Sobat dapat membeli dan mengunci Token NBT dalam waktu tertentu dan mendapatkan pasive income mulai dari 180 hari dengan suku bunga 8%, 365 hari 9%, dan 730 hari dengan bunga 10%.

  5. Flexible Staking Yield
  6. Flexible staking yield adalah fitur nanovest yang memberikan keuntungan sampai dengan 5% nett per tahunnya dari uang yang ditopup dan masuk setiap hari ke IDDR Wallet. IDDR adalah stable coin yang memiliki nilai 1:1. 1 IDDR = 1 rupiah. Yield ini bisa saja berubah sesuai dengan kebijakan Nanovest.

  7. NBT Xchange
  8. Fitur untuk menukar saldo NBT dengan produk digital seperti saldo E-Wallet, pulsa, data internet, token pln, gold voucher.

Nanobyte Token (NBT)

Nanobyte Token adalah token yang diciptakan oleh Nanobyte.finance, mitra dari Sinarmas dan Tokocryto. Dibuat menggunakan jaringan Binance Smart Chain (BSC) dan memiliki jumlah suplai terbatas 10 milyar token beredar.

Nanobyte Token

NanoByte memiliki tujuan untuk menjembatani kripto dengan sistem mata uang tradisional (konvensional) seperti uang elektronik, kartu kredit, asuransi, dan produk fiat lainnya.

NanoByte telah mendapatkan dukungan dari salah satu grup konglomerat terbesar di Indonesia yakni Sinarmas Group dan telah bermitra dengan Nanovest dan institusi atau pihak lain untuk memastikan penggunaan dan penawaran kripto yang lebih baik.

Sekarang NBT diperjual belikan di beberapa aplikasi atau platform seperti Nanovest, Tokocrypto, Indodax, PancakeSwap, MexcGlobal, Gate.io, dan UNISWAP.

Referensi
  1. Website resmi Nanovest: Nanovest.io
  2. Blog Nanovest: Nanovest Platform Jual Beli Aset Digital Resmi Terdaftar di BAPPEBTI.
  3. Nanobyte.finance: Nanobyte.finance
  4. Syofri Taka (2022): Mengenal Token NanoByte (NBT) yang Didukung Sinarmas dan TokoCrypto, Blockchainmedia.id
  5. Google: Dan lain-lain
Ulfan R. Ake
Ulfan R. Ake Facebook : fb.com/ulfanake

Posting Komentar untuk "Nanovest, Revolusi Investasi di Indonesia"